Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMS

Realisasi Asesmen Pembelajaran dalam Konsep Merdeka Belajar – Endry Boeriswati

[envira-gallery id=”1649″]

Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. memberikan pengantar terkait dengan asesmen pembelajaran di era terbarukan, yakni 1. Pengalaman menentukan pilihan dilakukan secara Individu. Tujuan pemberian pengalaman ini untuk mengenali metacognisi (dilakukan di luar jam tatap muka sebelum hari pertemuan tatap muka). 2. Pengalaman menentukan pilihan secara kelompok. Pemberian pengalaman ini bertujuan untuk melatih siswa mengambil keputusan berdasarkan alternatif yang disekapati bersama (dilakukan di luar jam tatap muka sebelum hari pertemuan tatap muka). 3. Pengalaman mengontruksikan pengetahuan. Tujuannya adalah agar siswa mengalami sendiri dalam mengkonstruksikan pengetahuan dari materi yang diberikan guru. Pengalaman ini diberikan pada jam tatap muka. 4. Pengalaman Memanfaatkan Sumber Belajar. Tujuannya adalah agar siswa terbiasa aktif mencari data pendukung proses inquiri dan agar terbentuk kemandirian belajar. Pengalaman ini dilakukan di luar jam tatap muka. 5. Pengalaman melakukan tindakan objektif dalam menilai hasil karya kelompok lain. Tujuannya adalah agar siswa terbiasa bertindak objektif mengetahui secara pasti kesalahan dan kelebihan karya kelompok lain. Pengalaman ini dilakukan pada jam tatap muka pertemuan kedua. 6. Pengalaman menyampaikan dan mempertahankan pendapat serta menerima pendapat orang lain. Tujuannya adalah untuk membiasakan siswa untuk lancar berbicara dan santun dalam menyampaikan dan mempertahan pendapat dan menerima pendapat orang lain. Pengalaman ini diberikan pada jam tatap muka pertemuan kedua.

Konten penilaian tersebut disampaikanya dalam acara kuliah umum yang diselenggarakan di Auditorium M.Djazman Kampus 1 UMS pada 3 Maret 2020. Peserta yang berasala dari kalangan Mahasiswa dan Dosen nampak secara antusias mengikuti pararan tersebut dari awal hingga akhir. Bertindak sebagai moderator ialah Prof. Dr. Markhamah, M.Hum.

Selain, memberikan penjelasan mengenai ide tentang asesemen dalam konsep merdeka belajar, narasumber juga berpesan mengenai pentingnya meningkatkan kualitas asesmen pembelajaran, khususnya mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Terlampir Materi Paparan Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. dalam kuliah umum tersebut,

skenario pembelajaran asesemen merdeka - 1
Scroll to Top