1 | Sikap 1 | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. |
2 | Sikap 2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
3 | Sikap 3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
4 | Sikap 4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
5 | Sikap 5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain. |
6 | Sikap 6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
7 | Sikap 7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
8 | Sikap 8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
9 | Sikap 9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
10 | Sikap 10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
11 | Sikap 11 | Ihsan dan fastabiqul khairot. |
12 | Keterampilan Umum 1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
13 | Keterampilan Umum 2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
14 | Keterampilan Umum 3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
15 | Keterampilan Umum 4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
16 | Keterampilan Umum 5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
17 | Keterampilan Umum 6 | Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
18 | Keterampilan Umum 7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
19 | Keterampilan Umum 8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
20 | Keterampilan Umum 9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
21 | Pengetahuan 1 | Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan |
22 | Pengetahuan 2 | Menguasai ragam genre dan teks multimoda |
23 | Pengetahuan 3 | Menguasai teori-teori belajar dan konsep Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
24 | Pengetahuan 4 | Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
25 | Pengetahuan 5 | Menguasai konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. |
26 | Pengetahuan 6 | Menguasai konsep dasar psikologi, sosiologi, dan antropologi pendidikan |
27 | Pengetahuan 7 | Menguasai konsep dasar karya ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
28 | Keterampilan Khusus 1 | Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia |
29 | Keterampilan Khusus 2 | Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam beragam genre teks |
30 | Keterampilan Khusus 3 | Mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. |
31 | Keterampilan Khusus 4 | Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia |
32 | Keterampilan Khusus 5 | Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. |
33 | Keterampilan Khusus 6 | Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam bidang kebahasaan, kesastraan, kejurnalistikan, kepewaraan, ke-bipa-an, penulisan buku fiksi/nonfiksi, penerjemahan, dan/atau bidang lainnya |
34 | Keterampilan Khusus 7 | Mampu merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan |
35 | Keterampilan Khusus 8 | Menganalisis kurikulum Bahasa Indonesia sesuai perkembangan kebijakan dan ipteks. |