Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMS

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

NOKODE KATEGORICPL
1Sikap 1Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
2Sikap 2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3Sikap 3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4Sikap 4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5Sikap 5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain.
6Sikap 6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7Sikap 7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8Sikap 8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9Sikap 9Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10Sikap 10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11Sikap 11Ihsan dan fastabiqul khairot.
12Keterampilan Umum 1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
13Keterampilan Umum 2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
14Keterampilan Umum 3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
15Keterampilan Umum 4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
16Keterampilan Umum 5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
17Keterampilan Umum 6Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
18Keterampilan Umum 7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
19Keterampilan Umum 8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
20Keterampilan Umum 9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
21Pengetahuan 1Menguasai konsep dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan pendidikan
22Pengetahuan 2Menguasai ragam genre dan teks multimoda
23Pengetahuan 3Menguasai teori-teori belajar dan konsep Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
24Pengetahuan 4Menguasai dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
25Pengetahuan 5Menguasai konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
26Pengetahuan 6Menguasai konsep dasar psikologi, sosiologi, dan antropologi pendidikan
27Pengetahuan 7Menguasai konsep dasar karya ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
28Keterampilan Khusus 1Menganalisis bahasa dan karya sastra berdasarkan konsep dasar kebahasaan dan kesastraan Indonesia
29Keterampilan Khusus 2Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam beragam genre teks
30Keterampilan Khusus 3Mampu menyusun perangkat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
31Keterampilan Khusus 4Mampu melaksanakan penelitian kolaboratif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
32Keterampilan Khusus 5Mampu menulis bahan ajar dan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
33Keterampilan Khusus 6Mampu mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam bidang kebahasaan, kesastraan, kejurnalistikan, kepewaraan, ke-bipa-an, penulisan buku fiksi/nonfiksi, penerjemahan, dan/atau bidang lainnya
34Keterampilan Khusus 7Mampu merintis wirausaha bidang bahasa, sastra, dan pendidikan
35Keterampilan Khusus 8Menganalisis kurikulum Bahasa Indonesia sesuai perkembangan kebijakan dan ipteks.
Scroll to Top